Trik Mudah Mengatasi Baterai Boros pada Asus Zenfone 5

Permasalahan baterai boros memang sudah tidak lagi menjadi hal yang baru bagi para pengguna smartphone. Kali ini kita akan coba membahas lebih spesifik mengenai Tips Mengatasi Baterai Boros pada ASUS Zenfone 5.
Trik Mudah Mengatasi Baterai Boros pada Asus Zenfone 5
Asus Zenfone 5 memiliki kapasitas baterai sebesar 2110 maH. Dengan kapasitas tersebut, kekuatan baterai smartphone ini tergolong biasa saja. Supaya kamu bisa menggunakan Asus Zenfone 5 seharian, kamu harus bisa mengatur penggunaan baterainya. Baterai boros dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu banyak aplikasi yang aktif, tidak mengaktifkan power saving mode, kecerahan layar terlalu tinggi dan lain sebagainya.

Berikut adalah tips dan trik untuk menghemat baterai Asus Zenfone 5 tanpa perlu ribet.

Non-aktifkan GPS
Kenapa? Karena saat GPS aktif, aplikasi GPS akan secara terus-menerus melakukan pengecekan lokasi kita dan menyebabkan baterai menjadi boros.

Caranya
- Setting >> Location >> Turn it on >> Google location history >> turn off everything >> turn off GOS

Bersihkan residu aplikasi (cache)
Mengapa kita perlu rajin membersikan cache? Karena sisa-sisa aplikasi yang pernah kita buka akan menumpuk dan menyebabkan aplikasi bekerja extra dan menyebabkan daya baterai cepat termakan.

Caranya
- Setting >> apps >> klik kanan atas >> clear cache of apps >> clear cache

Disable Apps
Untuk menghemat daya baterai, kita harus bijak dalam memilah aplikasi yang kita perlukan. Sementara aplikasi yang tidak terlalu diperlukan dapat kita disable dan apabila kita memerlukannya, kita tinggal meng-enable kan aplikasi tsb kembali. Dengan begitu, konsumsi daya baterai akan lebih hemat.

Caranya
- Setting >> apps >> klik aplikasi yang tidak terlalu kamu perlukan >> disable


Fitur Wifi Otomatis
Salah satu penyebab baterai boros pada Asus Zenfone 5 adalah karena aktifnya fitur scan wifi otomatis. Fitur ini akan selalu mencari wifi yang ada di sekitarnya secara otomatis dan akan memakan banyak daya baterai.

Caranya
- Wifi settings >> advanced >> turn off scanning always available

Aktifkan Mode Penghemat Daya
Caranya : Setting >> power saver >> power saving mode

Disable Auto-rotate
Caranya : Tarik notifikasi panel di atas layar >> tap auto rotate untuk disable

Trik untuk Charge
Cas atau charge baterai saat 20% menuju 100%, bukan 50% ke 60%. Dengan metode seperti ini. baterai Li-lon dan Li-po akan menjadi lebih awet.

Matikan Auto Brightness
Auto-brightness yang aktif akan menyebabkan daya baterai cepat habis, karena HP akan terus menerus menyesuaikan cahaya ketika tingkat penerangan di sekitar kamu berubah-ubah.

Caranya
- Settings >> display >> un-click automatic brightness
- Tips tambahan, atur brightness ke dalam kondisi dark


Nah, itu Trik Untuk Menghemat Baterai pada ASUS Zenfone 5. Semoga bermanfaat untuk kalian para Pembaca.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.